Saturday, May 9, 2020

8 Langkah Penting Mengeksekusi Peluang Usaha

Peluang usaha - Saat ini memang berbagai blog dan website yang membahas mengenai pola peluang usaha yang terbukti bisa menghasilkan profit yang besar . Namun tidak ada satu blog pun yang membahas mengenai cara dan langkah menciptakan peluang usaha tersebut  menjadi sebuah usaha. Anda tidak akan bisa menemukan satu blogpun yang membahas secara teknis bagaimana praktek memulai membangun sebuah usaha gres kecuali diblog ini, atau Anda mengikuti sebuah training berbayar yang tentu bayarannya juga tidak murah. Kenapa mirip itu? Logika menciptakan sebuah usaha dari nol hingga berhasil itu butuh usaha yang tidak main-main, jadi tidak akan mungkin ada orang yang rela dan cuma -cuma membaginya dalam sebuah artikel gratis. Selain itu jikalau trik menciptakan usaha dari nol hingga berhasil tersebut dibagikan tentu akan menjadikan pesaing gres yang bisa bisa malah menjadi boomerang untuk bisnis itu sendiri, benar apa benar?

Namun disini saya tidak pelit dengan pengalaman saya mengenai cara mengubah sebuah peluang usaha menjadi sebuah usaha faktual yang bisa menghasilkan profit yang bisa dinikmati manisnya. Tapi jangan terlalu beharap tips trik dan cara yang akan saya bagikan dibawah ini bakalan manis dikala dipraktekkan. Yang namanya menciptakan usaha itu butuh sebuah proses yang panjang dan tidak ringan. Makara saran saya jikalau Anda memang tidak punya niat yang besar lengan berkuasa untuk mengeksekusi sebuahpeluang usaha lebih baik berhenti saja membaca artikel ini hingga disini alasannya percuma dibaca hingga habis pun jikalau tidak ada sanksi dan praketek tidak akan bermanfaat. Namun jikalau Anda benar-benar berniat menemukan sebuah peluang usaha dan menjadi pengusaha, ambil kopi dan cemilan alasannya artikel ini akan cukup panjang dan membosankan.

 Saat ini memang berbagai blog dan website yang membahas mengenai pola peluang usah 8 langkah Penting Mengeksekusi Peluang Usaha


Sudah siap dengan kopi dan cemilannya? Ok saya mulai saja teori mudah mengenai peluang usaha yang sudah saya pratekkan. Berikut ini kita mulai dari yang pertama

  • Menemukan peluang usaha yang cocok


Kata orang menemukan sebuah peluang usaha itu mudah, tinggal browsing di internet, Tanya teman, baca informasi ikuti jadi sebuah usaha. Hanya orang tolol yang melaksanakan mirip itu. Jika Anda benar benar ingin membangun sebuah usaha jangan lakukan itu Anda akan mati konyol ditengah jalan alasannya modal habis dan usaha tidak berjalan. Menemukan sebuah peluang usaha harus kita mulai dari melihat prospek usaha tersebut untuk jangka panjang. Contoh saja usaha kerikil akik, usaha ternak burung berkicau, usaha bunga antorium tentu kita tidak mau usaha kita nantinya berakir mirip mereka jatuh kedasar jurang tanpa bisa berbuat apa apa atau mati konyol alasannya sudah mengeluarkan modal banyak tapi tidak kembali.

Untuk lebih detail baca : 5 Poin Penting Memilih Peluang Usaha Yang Tepat

Jadi maksud saya menemukan peluang usaha yang cocok disini bukan mengikuti tren kini apa yang sedang booming. Tetapi menentukan sebuah peluang usaha yang sempurna dan menciptakan sebuah usaha yang sekali kita buat bisa bertahan ratusan tahun dan bisa berubah menjadi sebuah perusahaan besar. Tidak  jadi duduk masalah kita tidak menyukai usaha yang kita mulai asalkan bisa menghasilkan untung besar nanti usang lama juga suka dengan sendirinya. Namun akan lebih menyenangkan jikalau kita memulai usaha dan kita menyenangi bahkan itu hobi kita tapi perlu diingat harus menghasilkan untung.

Lalu usaha apa yang bisa kita pilih biar bisa bertahan usang dan sanggup bertahan hingga ratusan tahun? Jawabnya simple usaha yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan sehari hari dan tidak hanya booming dikala terjadi tren saja. Contoh pertanian semua orang butuh hasil pertanian tidak Cuma orang  hewan pun butuh hasil pertanian, jasa distribusi barang, usaha kuliner. Peluang usaha ini masih sangat terbuka lebar dan tidak ikut musim jadi bisa menjadi sebuah pilhan untuk penunjang masa depan. Maaf maaf saja bukan menghina, usaha kerikil akik kerikil itu di alam banyak dijadikan usaha ya tidak bisa bertahan siapa juga yang mau beli terus kalau di alam saja banyak. Kalau usaha kerikil langka yang mahal mirip intan berlian itu bisalah dijadikan pilihan alasannya memang kerikil batu tersebut berharga mahal dan langka. Setelah menemukan peluang usaha yang sempurna langkah selanjutnya adalah.

  • Menyusun management yang solid sebelum exsekusi sebuah peluang usaha


Pasti Anda berfikit menyusun managemen,’’ wah banget’. Apa tidak mau jikalau usaha yang kita berdiri bisa berubah menjadi wah banget dan menghasilkan untung yang wah banget? Maukan? Makara jangan bilang menyusun managemen dikala memulai sanksi peluang usaha itu sesuatu yang wah, tanpa management saya jamin usaha yang anda jalani umurnya tidak akan panjang atau umur panjang tetapi tidak berkembang. Management ini sendiri bisa kita tangani sendiri dikala usaha kita masih kecil. Namu dikala usaha sudah berkembang tentu butuh perencanaan dari awal bukan mengenai management usaha kita akan mirip apa nantinya. Makara menyusun management ini hal yang wajib dilakukan jikalau mau usaha berjalan berumur panjang dan berkembang. Untuk detail wacana menyusun  management bisa dibaca diartikel selanjutnya.

Lebih detail wacana management silahkan baca : Menyusun Management Usaha Kecil dan Menegah

  • Mencari sumber modal


Jika sudah menemukan peluang usaha apa yang cocok ,sesuai dengan passion kita tahap selanjutnya yaitu memikirkan bagaimana peluang usaha yang sudah kita temukan menjadi kenyataan,untuk mengeksekusi hal tersebut tentu kita membutuhkan dana sebagai modal untuk memulai sebuah peluang usaha.  Besaran modal ini tergantung dari usaha apa yang kita jalankan. Contohnya jikalau kita ingin membuka usaha property tentu kita membutuhkan dana yang tidak sedikit tapi ratusan juta, lain halnya jikalau kita ingin membuka usaha kecil-kecilan mirip berdagang hanya dengan modal ratusan ribu kita sudah bisa membeli sejumlah barang dengan harga grosir untuk bisa kita jual kembali. Lalu bagaimana cara mendapat modal tersebut ?.  Saya ada beberapa opsi yang bisa diguankan untuk mendapat modal usaha antara lain :

Modal sendiri  


Modal ini bisa berasal dari tabungan kita sendiri. Yang paling penting, jangan merasa terlalu sayang untuk menjual beberapa aset untuk menambah modal usaha. Contohnya, kalau tidak mempunyai uang untuk modal usaha dan harus menjual perhiasan, ya jual saja. Kelak bila usaha sudah berhasil, bisa membeli lagi aksesori yang lebih anggun natinya.

Modal pinjam



Modal ini berasal dari orang lain atau bank. Nah..untuk hal ini saya sarankan untuk meminjam lewat bank saja bukan lewat perorangan atau koperasi yang bunganya mencekik rakyat. Banyak orang yang seringkali terlalu fokus kepada bagaimana mereka bisa mendapat pinjaman? tetapi tidak memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengembalikan derma tersebut. Jadi, ketika meminjam, cobalah untuk memikirkan bagaimana caranya Anda bisa mengembalikan derma tersebut? . dikala gres memulai usaha otomatis omset yang didapat diawal tidak eksklusif sebesar yang dibutuhkan alasannya itu anda juga harus memikirkan cicilan selama 3 bulan pertama sehabis melaksanakan derma di bank. Makara Langkah terbaiknya jangan habiskan uang cash hasil derma tersebut kecuali barang yang dibeli bisa sangat cepat dijual dan niscaya untung.

Modal kerjasama 


cara yang ini jikalau anda tidak punya tabungan, atau tidak punya jaminan jikalau mengajukan derma ke bank anda bisa melaksanakan kerjasama untuk menjalankan usaha yang ingin anda jalankan. Dalam hal ini anda harus bener-bener menemukan orang yang bisa dipercaya, bisa memperlihatkan bantuan modal dan support  untuk kemajuan bisnis yang ingin anda jalankan. Jangan hingga patner pemodal tersebut malah menjadi kerikil sandungan untuk sanksi peluang usaha yang sedang kita perjuangkan.Perlu diingat juga dikala usaha tersebut sudah berjalan dan menghasilakn untung pembagian hasil harus sudah terang ada komitmen hitam diatas putih, jangan hingga kita usaha mirip kacang lupa kulitnya. Setelah duduk masalah modal teratasi mau tahu yang selalnjutnya, apa sudah bosan bacanya? Kalau belum bosan yang berikutnya adalah.

  • Mendapatkan suplayer yang sempurna sebagai pendukung usaha


Bagian ini sangat penting dalam mengeksekusi peluang usaha. Suplayer bisa dibaratkan makan, tanpa kuliner kita tidak akan bisa hidup bukan? Makara menentukan suplyer penunjang usaha yang akan kita jalankan jangan asal asalan. Kita haru benar benar menentukan suplayer yang berkwalitas. Jangan hanya berpatokan pada harga murah dikala menentukan suplayer. Yang paling penting dikala menentukan suplayer yang  pertama yaitu bisa dipercaya yang kedua konsisten dan yang ketiga disiplin. Ketiga syarat ini wajib dipenuhi alasannya jikalau kurang satu saja bisa menciptakan usaha kita awut-awutan dan kalang kabut ditengah jalan. Misalnya saja kita menjalankan usaha pertanian kita tentu harus mempunyai suplayer obat obat pertanian dan pupuk, jikalau suplayer yang kita pilih ternyata curang dengan mengganti pupuk atau obat tanaman kita dengan yang tidak orisinil tentu kita yang rugi bukan walaupun harganya murah.

Akan lebih baik jikalau kita bisa mendapat suplayer yang memperlihatkan pebayaran barang mundur atau bawa barang terlebih dahulu gres kita bayar sehabis barang produksi kita terjual. Apakah ada suplayer mirip itu ? ada, asalkan kita bisa dipercaya. Jika kita bisa menemukan suplayer yang mirip ini tentu kita akan lebih irit modal. Tapi jangan mengira mendapat suplayer mirip ini gampang. Iya teorinya mudah tapi prakteknya butuh waktu dan ketlatenan. Setela duduk masalah suplayer teratasi kemudian apa lagi yang harus dilakukan untuk sanksi peluang usaha.

  • Produksi


Loh kok produksi kita kan ambil peluang usaha dagang. Ini saya ambil istilah yang umum saja. Jika usaha yang kita jalani berdagang maka produksi tersebut bisa diganti dengan istilah mendisplay barang atau merawat barang dagangan, jikalau usaha yang dijalani pertanian bisa diganti dengan bercocok tanam, dan jikalau usaha yang di lakukan produksi tempe bisa diganti dengan proses pembuatan tempe. Makara biar tidak ribet saya ganti istilahnya dengan produksi.

Lalu apa masalahnya dengan produksi. Secara umum dan banyak usaha gagal alasannya proses produksi. Lalu apa saja penyebab ketidak suksesan tersebut? Sama mirip kita mencari suplayer kita maunya sanggup suplayer yang tidak curang jikalau tertangkap tangan suplayer tersebut curang maka kita akan berhenti dan mencari yang lain. Bermain curang dalam produksi yaitu haram dan dihentikan dilakukan sama sekali dalam mengeksekusi sebuah peluang usaha. Jika kita melaksanakan kecurangan produksi maka taruhannya nama baik. Makara jikalau ingin mempunyai sebuah usaha yang langgeng abadi dan bisa berkembang jangan pernah mencoba curang dalam proses produksi. Padahal curang ini sudah menjadi cuilan hidup dari orang di negri kita, benar tidak? Misalkan kita menciptakan sebuah usaha produksi tempe kedelai, pada awalnya tempe kedelai kita rasanya sangat gurih nikmat dan lezat. Seiring berjalannya waktu pelanggan kita mulai banyak usaha kita menjadi populer alasannya hasil produksi kita berkwalitas. Karena tergiur laba atau harga kedelai sedang mahal maka kita tambah sedikit adonan janggung pada kedelai tersebut. Sekali dua kali mungkin tidak tertangkap tangan tetapi usang kelamaan hal curang tersebut niscaya tertangkap tangan dan jikalau itu terjadi tamatlah riwayat usaha kita. Karena nama baik menjadi pertaruhannya.

Jadi selalu jujur dalam proses produksi yaitu mutlak hukumnya jikalau kita meng sanksi sebuah peluang usaha. Perlu diingat jikalau usaha yang nama baiknya sudah hancur alasannya curang akan lebih berat memperbaikinya dibandingkan kita memulai usaha baru. Setelah proses produksi kemudian apakah yang harus dipersiapkan berikutnya.

  • Pemasaran


Pemasaran ini sangat penting dalam sanksi peluang usaha. Tentunya sebelum mulai kita harus tahu barang yang kita produksi akan kita jual pada siapa. Contoh kita usaha pertanian siapa pembelinya? Tentu pembelinya seluruh masyarakat yang ada dijangkaun kita alasannya semua orang butuh hasil pertanian. Nah kalau kita usaha buat kerikil akik tentu juga kita harus tahu pasaran kerikil batu tesebut kemana. Selain mengetahui kita juga harus yakin bahwa sasaran pemasaran tersebut bisa kita tembus. Karena jikalau sasaran pemasaran tidak sanggup kita tembus tentu akan menjadi duduk masalah untuk usuha yang kita jalani. Jika suplayer mirip kuliner pemasarasn bisa diibaratkan BAB jadi bisa makan bisa mencerna atau berproduksi tapi tidak bisa BAB atau pemasaran sama saja usaha kita juga akan mati.

Lebih detail mengenai pemasaran baca : Pemasaran Produk Online dan Offline

Jadi sangat disarankan sebelum memulai mengeksekusi peluang usaha kita harus mempunyai data yang cukup dari sumber terpercaya mengenai sasaran pemasaran kemampuan pasar menyerap produk kita dan berapa usang pasar akan membutuhkan produk kita, satu bulan, dua bulan atau selamanya. Makara jangan hingga salah menentukan usaha yang pemasaran produk nya hanya musiman jikalau ingin usaha kita bisa tumbuh besar dan awet. Setela pemasaran yang terlaksana kita harus melaksanakan hal selanjutnya yaitu

  • Promosi


Jika ingin sukses dalam sanksi peluang usaha tentunya kita harus melaksanakan promosi. Hal ini wajib dilakukan kenapa demikian? Dengan melaksanakan promosi sama dengan kita membangun nama baik dan memperkenalkan brand usaha kita. Jika merek usaha kita sudah populer tentu imbasnya akan menuju kearah meningkatnya jumlah pemasaran. Saat ini cara promosi sudah sangat mudah tidak mirip jaman dahulu. Media promosi termudah dan termurah yaitu jaringan internet.

Lebih detail wacana promosi baca : Cara Promosi Usaha Yang Efektif

Ada sebuah dongeng sahabat saya dan ini benar benar terjadi. Dia membangun sebuah usaha butik modalnya tidak tanggung tanggung hingga ratusan juta rupiah namun berakhir tragis alasannya tidak mau promosi. Makara jikalau malas melaksanakan promosi lebih baik tidak usah melaksanakan sanksi peluang usaha. Lebih baik jadi pekerja atau karyawan saja tidak perlu promosi yang penting kerja sudah sanggup penghasilan. Setelah promosi dilakukan yang selanjutnya yaitu

  • Membangun jaringan usaha


Dalam usaha apapun jaringan sangatlah penting. Jangan harap peluang usaha yang kita sanksi berkembang jikalau kita tidak membangun jaringa. Contoh saja dikala ini siapa bisnis retail yang menggurita di Indonesia? Jawabnya ya alfamart dan indomart. Siapa yang tidak kenal dengan kedua perusahaan retail itu dikala ini. Mereka berkembang sangat pesat alasannya kedua raksasa retail tersebut bisa membangun dan menyebarkan jaringan bisnis. Makara jikalau kita mau usaha yang kita jalani sukses dan abadi membangun jaringan yaitu wajib dan tidak bisa ditawar lagi. Setelah jaringan terbentuk pemasaran meningkat dan omset naik hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah.
Konsisten Menjaga Mutu, Kepercayaan dan Melakukan Perbaikan. Lebih detail wacana membangun jaringan usaha silahkan baca Tehnik Rahasia Sukses Membangun Jaringan Usaha

Jika Anda pernah bekerja di perusahaan Jepang, Amerika atau Eropa niscaya yang ada dalam slogan perusahaan mereka yaitu Quality First. Untuk yang satu ini para pendiri usaha gres yang mulai berkembang sering lupa. Saat omset mulai membesar Quality menjadi yang kedua atau ketiga bahkan sangkar menjadi yang terakir. Jika ini terjadi karenanya kepercayaan konsumen akan hilang dan usaha yang sudah susah payah kita berdiri dari nol akan kembali menjadi nol.

Yang tidak kalah penting lagi yaitu perbaikan dalam bahas inggris improvement dan dalam bahasa jepang kaizen. Beberapa kali saya dulu pernah bekerja di perusahaan berkembang milik orang Indonesia perbaikan ini sangat minim bahkan sama sekali tidak ada. Impact nya dikala ada alih teknologi atau perubahan undangan pasar maka yang terjadi bisnis yang kita berdiri akan keteteran bahkan tidak lagi bisa mengikuti, hasilnya sudah tentu kita akan kehilangan konsumen.

Yang terakhir jikalau Anda mempunyai keluhan atau duduk masalah seputar sanksi peluang usaha silahkan ejekan pertanyaan saya akan berusaha menjawab sesuai pengalaman yang pernah saya alami  dan dibutuhkan untuk para pengusaha yang sudah sukses jangan pelit membagikan pengalamannya. Saya harap kita bisa saling berdiskusi dihalaman komentar untuk menabah kekurangan dari artikel ini. Dan jangan lupa, jikalau memang artikel ini bermanfaat tolong bantu untuk membagikan. Terimakasih sudah berkunjung  ke blog ini.
Share:

0 comments:

Post a Comment