Saturday, April 11, 2020

Tempat Wisata Pinus Pengger Jogjakarta

Tempat Wisata Pinus Pengger Jogjakarta - Beberapa waktu kemudian saya sempat mendatangi salah satu obyek wisata gres di Yogyakarta. Hutan pinus tak melulu menyuguhkan keindahan pepohonan yang menjulang tinggi nan rindang saja. Namun, juga panorama alam yang mempengaruhi para pengunjungnya. Salah satu hutan pinus di Yogyakarta, yang memperlihatkan keindahannya itu ialah Hutan Pinus Pengger.

 Beberapa waktu kemudian saya sempat mendatangi salah satu obyek wisata gres di Yogyakarta Tempat Wisata Pinus Pengger Jogjakarta

Pada umumnya di kalangan wisatawan yang kerap terdengar dan dikunjungi ialah Hutan Pinus Mangunan. Tapi sebenarnya, di daerah Dlingo itu sendiri berjejer wisata hutan pinus lainnya, ibarat hutan pinus Becici ( bila yang ini saya belum sempat mampir alasannya ialah pada waktu itu keburu hujan ).

Dan sepertinya pula, di daerah lainnya yang masih satu daerah akan terus dilestarikan hutan pinus untuk menarik wisatawan. Perlu diketahui, setiap wisata itu mempunyai keunikannya masing-masing. Hal ini pula yang menjadikan wisatawan tak pernah jenuh mengunjungi spot-spot indah sejenis lainnya. 

Hutan Pinus Pengger yang berada di Dusun Sendang Sari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Kesultanan itu menciptakan nyaman hingga menuju ke sana. Apalagi pemandangan ketika di perjalanan itu memang patut diajungi jempol, keren abis. Dan jalan yang tentu sangat baik, alasannya ialah sudah di aspal mulus.

Untuk tiket masuk per orangnya hanya Rp 2.000, dan biaya parkir roda 2 Rp 3.000, roda empat Rp 10.000, sedangkan untuk bus dikenakan Rp 20.000. Murah banget, ya? Ya, murah dong! Objek wisata di Yogyakarta itu memang murah banget, guys! Kaprikornus rugi bila tidak mengunjunginya, hehehe.

Parkiran kendaraan motor sempurna berada di kaki hutan pinus, tampak dari sana saja Hutan Pinus Pengger sudah cetar membaha. Keren. Karena memang lokasinya berada di atas ketinggian. Nah, kami kemudian menaiki anak tangga yang terbuat dari kayu yang disusun rapi hingga di atas puncak. Kerikil dan bebatuan yang dibuat sedemikian rupa mempermudah siapa saja yang menjejakinya.

Tak hanya ramah bagi kaum wisatawan muda saja di hutan pinus ini, kami juga menyaksikan wisatawan lansia yang tampak bangga sekali gres turun dari tangga tersebut. Kaprikornus sanggup dibayangkan, bila kakek-nenek saja sangat menikmati liburannya di sini, apalagi yang muda?. Oh ya, Hutan Pinus ini juga sangat cocok sebagai wisata liburan untuk keluarga. Sebab banyak juga permainan bagi bawah umur ibarat ayunan, hammock, dan lain sebagainya.

 Beberapa waktu kemudian saya sempat mendatangi salah satu obyek wisata gres di Yogyakarta Tempat Wisata Pinus Pengger Jogjakarta

Hal yang cukup unik ialah di sini ditemukan gapura yang dibuat dari ranting pepohonan. Nah, ranting dan batang pohon itu dibuat ibarat terowongan, dan ada juga bentuknya ibarat rumah tarzan (samar mati), hanya saja letaknya tidak di atas pohon melainkan di atas tanah. Penasaran, ya, Anda, bagaimana uniknya kreativitas ini? Hanya ada di Hutan Pinus Pengger, lho. Sepanjang pengetahuan saya berkunjung di hutan pinus di Yogyakarta atau Jawa Tengah, kreativitas ranting dan kayu ini hanya ada di Hutan Pinus Pengger.

 Beberapa waktu kemudian saya sempat mendatangi salah satu obyek wisata gres di Yogyakarta Tempat Wisata Pinus Pengger Jogjakarta

Selain di sana juga terdapat rumah pohon, ada juga jembatan yang menghubungan dari satu pohon ke pohon lainnya. Tempat-tempat ini kerap juga kerap disambangi oleh para wisatawan. Bahkan, saking senangnya di atas rumah pohon atau jempatan yang terbuat dari kayu itu mereka lupa, bahwa pengunjung lain juga ingin menikmati sensasi di atas sana. Dimaklumi saja.

Dan yang paling spektakuler di Hutan Pinus Pengger ialah panorama alamnya,  Itu akan menciptakan siapa saja jatuh cinta di sini. Tak akan terlupakan, deh, keindahannya. Kami menyaksikan kokohnya nan bagus Gunung Merapi yang terlihat terperinci dari puncak ini. Kota Yogyakarta juga terlihat mungil nun jauh di sana. Hamparan pemandangan hijau menyejukkan mata, dan betapa senangnya melihat tanaman warga yang tampak subur. Ya, alasannya ialah daerah Bantul, dominan warganya bertani atau berkebun.
 Beberapa waktu kemudian saya sempat mendatangi salah satu obyek wisata gres di Yogyakarta Tempat Wisata Pinus Pengger Jogjakarta

Meskipun Hutan Pinus Pengger gres resmi dibuka untuk umum April 2016 lalu, namun kemudahan umum sudah tersedia di sana, ibarat Musholla, dan toilet. Tentunya juga dikelola secara profesional dan pelayanan yang sangat ramah bagi wisatawan yang berkunjung di sana. 
Share:

0 comments:

Post a Comment