Friday, April 24, 2020

Tempat Wisata Di Lombok Ini Cocok Untuk Berlibur

Tempat wisata dilombok ini cocok untuk berlibur. Masih ragu dengan keindahan pantai pantai di Pulau Lombok. Itu mungkin hanya untuk orang orang yang belum pernah berkunjung kelombok. Pantai yang asri pemandangan yang selalu indah dari matahari tebit hingga terbenam tidak salah memang kalau dunia mengakui keindahan pulau Lombok. Di sini juga menjadi nirwana para penghobi surfing. Anda tidak akan pernah menemukan tempat seindah ini dibelahan dunia manapun selain di pulau Lombok

Penasaran dengan tempat wisata dilombok. Berikut ini daftar beberapa tempat wisata manis yang sanggup dijadikan referensi.

Pantai Kuta


Nama pantai kuta yang dibenak Anda yakni salah satu pantai yang berada dipulau dewata. Tapi Anda salah pantai Kuta tidak hanya ada di pulau bali tetapi dipulau Lombok juga ada. Kalau bertanya keindahannya tidak kalah dengan pantai dengan nama yang sama dipulau sebelahnya.
Suasana yang pantai ini tidak seramai pantai kembarannya, tapi disitulah menariknya kita sanggup menikmati pemandangan alam dan melepas lelah dengan bebas disini. Tidak hanya itu saja terasa makin asri sebab sekelilingnya berpagar bukit bukit. Untuk sanggup hingga kepantai ini butuh waktu sekitar satu setengah jam dari pantai senggigi. Tapi itu tidak jadi alasan untuk sanggup menikmati indahnya tempat wisata eksotis ini.

Bangko-Bangko, Disert point Lombok


 Tempat wisata dilombok ini cocok untuk berlibur Tempat Wisata di Lombok Ini Cocok Untuk Berlibur
Tempat cocok sekali untuk yang suka menantang ombak , terutama penantang ombak yang professional. Untuk yang amatir boleh juga tapi hati hati he he. Bangko-bangko punya gelar kehormatan dari asosiasi surfing internasional. Gelar pantai ini yakni salah satu pantai dari sepuluh lokasi surfing dengan ombak terganas. Makara untuk yang surfingnya amatiran agak minggir sedikit supaya lebih aman.

Pantai kaliatan


Pantai Kaliantan merupakan salah satu daerah wisata dibagian selatan  Lombok Timur belokasi di wilayah Kecamatan Jerowaru. Pantai Kaliantan sanggup ditempuh melalui route perjalanan dari Kota Mataram kearah Timur menuju Kabupaten Lombok Timur dengan waktu  satu jam dilanjutkan ke arah Selatan melalui Kecamatan Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemongkong – Kaliantan dengan tambahan waktu tempuh kurang lebih 90 menit.


Waktu tempuh untuk mencapai pantai Kaliantan dari sentra Kecamatan Jerowaru sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 23 km, dan dari Bandara 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 92 km. Selain daya tarik panorama alam pantai Kaliantan maka salah satu Atraksi Wisata yang dimiliki Pantai Kaliantan yakni adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara adab Bau Nyale. Adat Bau Nyale merupakan pesta rakyat untuk menangkap binatang maritim sejenis cacing laut. Acara ini berlangsung antara bulan Februari – Maret dimana hampir sebagian penduduk pulau Lombok tiba ke pantai ini untuk mengikuti membuatkan rangkaian program yang diselenggarakan oleh sebagian masyarakat Lombok, Nyale atau binatang maritim sejenis cacing ini berdasarkan kepercayaan sebagian masyarakat sekitar mempunyai khasiat dan sanggup membawa berkah, contohnya akan sanggup mengusir banyak sekali macam penyakit/hama flora yang ada di ladang, sehingga dipercaya sanggup meningkatkan hasil pertanian.

Daya tarik wisata lain dari Pantai Kaliantan ini yakni kondisi fisik daerah pantai yang mempunyai ciri khas tersendiri berupa : Jenis  pasir pantai yang berwarn dan bentuknya hampir ibarat dengan merica, serta terumbu karang yang masih lestari sehingga sangat cocok untuk tempata wisata menyelam. Tidak hanya itu ombak maritim disini cocok di jadikan tempat surfing.

Gili Sunut


Gili Sunut terletak di Dusun Temeak Desa Pemongkong Kec. Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Gili Sunut merupakan Kawasan yang mempunyai garis sejajar dengan Kawasan Tanjung Ringgit. Kondisi fisik daerah pantai ini cenderung landai, berpasir putih dengan tekstur butiran ibarat merica dengan abjad air yang tidak berombak dan relatif tenang, sebab terdapat pulau-pulau/gili-gili kecil sebagai penghalang ombak samudra Indonesia/Hindia. Kondisi inilah yang sangat mendukung untuk pengembangan atraksi wisata berupa rafting, banana split atau kegiatan wisata pantai, menyelam, maupun sekedar menikmati panorama pemandangan alam. Ditengah pantai terdapat tiga pulau yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Gili Petelu.

Saat ini Gili Sunut dihuni oleh 109 kepala keluarga dengan mata pencaharian utama yakni sebagai nelayan. Kondisi umum Gili Sunut dalam mendukung kegiatan wisata cukup potensial terutama untuk pengembangan wisata dan pengembangan perjuangan budidaya mutiara

Plecing kangkung Lombok


Banyak yang meremehkan kangkung sebab kita jarang mendapati sajian yang lezat dengan memakai sayur jenis ini. Pendapat itu mungkin akan segera berubah kalau Anda mencicipi Plecing Kangkung, masakan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang biasanya disajikan dengan Ayam Taliwang.Plecing Kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan masbodoh dan segar plus sambal tomat. Sambal tomatnya dibentuk dari rajikan cabe rawit, garam, terasi, dan tomat. Plecing Kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran ibarat tauge, kacang panjang, kacang tanah goreng ataupun urap.

Kangkung yang dipakai untuk memasak Plecing ini juga sangat khas. Tidak ibarat flora kangkung yang biasa tumbuh di Pulau Jawa, kangkung khas Lombok ini berupa kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kangkung dengan batang yang besar dan renyah. Kangkung di daerah ini memang sangat terkenal, teksturnya lembut sehingga tidak terasa alot walaupun kita makan hingga ke batangnya. Tak heran kalau kangkung Lombok menjadi alternatif buah tangan khas Nusa Tenggara Barat.

Nasi balap puyung.


Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ternyata tidak hanya nirwana pantai, namun juga masakan enak. Anda harus mencicipi Nasi Balap Inaq Esun yang pedasnya menciptakan orang ketagihan. Makanan yang sudah merambah hingga pasar mancanegara ini harus Anda masukkan kedalam daftar sajian masakan yang harus dicicipi.

Secara tampilan, sajian Nasi Balap Puyung ini tidak terlalu istimewa. Hanya berisi suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Kekuatan masakan ini yakni terletak dari rasa pedas bumbunya yang sederhana. Sedangkan bumbu ayamnya terdiri dari cabai, bawang putih dan terasi. Untuk perbandingan, kalau kita memasak 10 kg ayam, komposisi cabainya sekitar 1 kg dan sedikit bawang putih serta terasi.

Desa Sukarara


Jika Anda pencinta kerajinan tenun, Desa Sukarara yakni tempat wisata yang sempurna untuk Anda berburu bermacam-macam cinderamata khas Lombok berupa kerajinan tenun ibarat kain songket. Kerajinan tenun di sini masih memakai pewarna alami dari akar dan daun pepohonan. Anda sanggup melihat proses pembuatan tenun yang dilakukan oleh para perempuan dari desa ini.

Desa Loyok


Desa Loyok terletak di Kabupaten Lombok Timur,  tempat wisata NTB ini sudah dikenal dengan hasil kerajinan yang terbuat dari anyaman bambu dan rotan dengan kwalitas yang bagus. Berbagai cinderamata khas Lombok yang ada disini sangat sayang kalau Anda berwisata ke lombok tidak mampir ke desa loyok. 

Desa Sekarbela


Desa Sekarbela sudah populer semenjak dulu dikalangan pecinta suplemen dan asesoris. Karena di sini Anda sanggup mendapat cinderamata yang terbuat dari mutiara dengan bermacam-macam bentuk. Tempat wisata belanja di Lombok ini sanggup ditempuh sekitar 4km dari Kota Mataram. Sangat rugi kalau ke lombok tidak membawa pulang suplemen mutiara khas lombok.


Itu tadi beberata tempat wisata yang sanggup Anda kunjungi di pulau lombok
Share:

0 comments:

Post a Comment