Wednesday, April 22, 2020

Nikmatnya Wisata Kulier Kota Tahu Kediri Jawa Timur

Kediri merupakan salah satu tujuan wisata didaerah jawa timur,dan yang menjadi iconnya yakni monument simpah lima gumul. Selain itu wisata alam Kediri juga sangat bermacam-macam menyerupai jeram irenggolo,gua selomangkleng dll. Jika anda sedang berwisata dikota tahu jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya masakan Kediri. Apalah artinya jalan-jalan bila tidak memanjakan lidah. Ditempat ini banyak sajian kuliner yang unik dan menggugah selera. Biar anda tidak kebinggungan untuk mencari tujuan wisata kuliner  ketika berada dikediri,saya akan menawarkan beberapa acuan masakan didaerah Kediri.

Berikut ini merupakan masakan khas kota tahu yang sudah mengoyang pengecap aku :

Kuliner Kediri Soto Ayam Tamanan



Saat isu terkini penghujan menyerupai kini ini sangat cocok untuk menikmati kuliner yang berkuah dan pedas. Soto dapat menjadi pilihan yang tepat,didaerah Kediri ada masakan soto tamanan yang sangat enak dan wajib anda coba bila sedang plesiran disana. Tidak menyerupai soto ayam pada umumnya yang memakai kuah bening, soto khas tamanan ini memakai santan yang dapat menambah rasa gurih bila dimakan. Keunikan lainnya yakni memakai cabe utuh yang direbus yang disajikan tanpa diulek. Makara bila ingin soto pedas kita tinggal reques berapa banyak cabai,lalu kita haluskan sendiri dimangkok dengan memakai sendok. Pedasnya cabe rebus lebih nendang dan mantap dibandingkan yang sudah menjadi sambal.

Tempat soto  yang paling populer dan selalu ramai pengunjung berada di Terminal Tamanan Mojoroto Kediri,lebih dari satu penjual soto yang siap untuk memanjakan lidah. Untuk dapat menikmati seporsi soto tamanan kita hanya perlu membayar Rp 5.000,- saja,selain itu juga disediakan lauk perhiasan menyerupai ayam bakar,sate telur puyuh,krupuk  dengan banyak sekali pilihan minuman.

Kuliner Kesdiri Mie Ayam Malioboro Pasar Bandar


Berdasarkan pengecap aku dikediri mie ayam yang paling enak yakni mie  ayam malioboro pasar Bandar tepatnya di Jl K.H Wahid Hasyim Kediri (ruko pasar Bandar ). Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung,buka dari jam 10.00 – 16.00 WIB,tapi bila pengunjung yang tiba banyak jam 14.00 sudah kehabisan. Mie ayam ini isinya mie, sawi,daging ayam dengan kuah kuning kecoklatan dan mempunyai citarasa yang sangat  enak dan berbeda dari mie ayam lainnya. Untuk menjaga citarasa mie ayam malioboro disana tidak diperbolehkan memesan untuk dbawa pulang,jadi harus dimakan disana. Satu porsi mie ayam dibandrol harga Rp 5.000,- kita sudah dapat menikmati semangkok mie yang kaya rasa. Saran aku jangan tiba mendekati jam makan siang sebab sangat ramai pengunjung dan terkadang dingklik yang disedikan tidak memenuhi jadi wajib sabar dan mengantri.

Kuliner Kediri Pecel Tumpang Jl Dhoho



Jalan dhoho merupakan jalan masakan wajib kota Kediri .Yang sangat populer dari Jl Dhoho yakni Nasi pecel tumpang.  Berbeda dengan nasi pecel Madiun,disini nasi pecel disajikan dengan cara nasi diberi lalapan sayur kemudian disiram dengan sambal tumpang dan peyek.Ciri khasnya yakni disajikan dengan aneka sayuran yang direbus,sedangkan sambal tumpang berasal dari rebusan santan,cabai,bumbu serta tempe yang sudah difermentasi biasanya disebut tempe bosok semakin menambah kenikmatan pecel tumpang. Cara menyajikannyapun juga sangat unik tidak menggunkan piring melainkan pincuk yang terbuat dari daun pisang dan dapat dinikmati dengan sendok atau tangan.

Nasi pecel ini buka dari jam 17.00 hingga malam,semakin malam semakin ramai pembeli. Satu porsi nasi pecel hanya Rp 3.500,- sangat murah ,kenyang dan nikmat dilidah maupun kantong.

Kuliner Kediri Sate Emprit Mbah Darmo


Burung emprit yang biasanya menjadi musuh bagi para petani sebab memakan padi teryata dapat menjadi olahan masakan yang sangat enak ditangan mbah darmo. Diwarung mbah darmo menyedikan sajian yang bahannnya dari daging  burung emprit. Burung emprit yang besarnya tidak kurang dari besarnya jempol kaki orang cendekia balig cukup akal ini ditusuk-tusuk menjadi sate yang sangat enak dengan sambel kacang  semakin terasa mantap. Saat daging burung emprit berpadu dengan bumbu kacang menjadi sensasi yang unik hampir menyerupai daging ayam namun lebih gurih. Sate emprit ini warnanya coklat,teksturnya tidak lengket tanpa lemak dengan aroma rasanya yang berpengaruh semakin menambah kenikmatan dari sate emprit. Dan ini juga termasuk dalam salah satu wisata masakan unik.

Warung mbah darmo buka mulai pukul 16.00 – 21.00 saja . untuk menikmati sate emprit ini hanya perlu membayar Rp 18.000 yaitu 10 tusuk sate emprit dan seporsi nasi putih. Selain sajian utama sate emprit warung mbah darmo juga menyedikan sajian unik lainnya menyerupai krengsengan emprit,sate biawak,krengsengan biawak,sate kalkun,sate kambing,soto daging dan ayam bakar dengan harga yang terjangkau. 

Bagaimana?apa anda sudh tertarik untuk menikmati masakan dari kota tahu ?jangan lupa ajak keluarga,saudara,teman,pacar anda untuk menikmati wisata kuliner nikmat dan enak kota Kediri. Saya jamin tidak akan mengecewakan.
Share:

0 comments:

Post a Comment