Sunday, April 5, 2020

Cara Menciptakan Usulan Yang Benar

Cara Membuat Proposal Yang Benar - Membuat anjuran itu gampang-gampang susah. Gampangnya kalau kita mengetahui standar anjuran yang diinginkan oleh instansi atau tubuh yang hendak kita kirim proposal. Susahnya, kalau kita tidak mengetahui standar anjuran yang diinginkan oleh instansi atau forum yang kita kirim proposal. Tapi, pada dasarnya, ada beberapa teknik yang sama dalam menciptakan sebuah anjuran yang benar.

Ok, tanpa buang waktu, kali ini kita akan membahas Cara Membuat Proposal Yang Benar, biar apa yang kita harapkan dari dibuatnya anjuran dapat tercapai. Di sini kita akan pokus dulu pada teknik menciptakan anjuran permohonan sumbangan keuangan pada pemerintah.


Inilah Teknik Dasar Cara Membuat Proposal Yang Benar

Yang harus kita buat dalam sebuah anjuran adalah:
  1. Cover anjuran yang berisi judul singkat yang menggambarkan isi proposal. Misalnya begini: Proposal Permohonan Bantuan Keuangan Peningkatan Infrastruktur Perdesaan, Proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Mesjid Al-Ikhlas, Proposal Permohonan Jaringan Irigasi Perdesaan, dll. Di bawah judul anjuran tersebut lengkapi dengan logo Kabupaten, Logo forum yang menciptakan anjuran atau poto-poto yang menggambarkan isi proposal. Paling bawah dalam cover itu ialah nama forum yang mengajukan proposal, contohnya Desa Bojonggedang Kecamatan Rancah Kab. Ciamis Jawa Barat.
 Gampangnya kalau kita mengetahui standar anjuran yang diinginkan oleh instansi atau tubuh Cara Membuat Proposal Yang Benar

  1. Surat Pengantar. Yang harus diperhatikan dalam surat pengantar ini adalah: Kop surat, nomor surat, lampiran (bila ada), Tanggal surat, Tujuan surat (Kepada Yth ......... ) Isi surat pengantar dan yang menandatangani surat pengantar tersebut. Paling tamat ialah tembusan proposal.
 Gampangnya kalau kita mengetahui standar anjuran yang diinginkan oleh instansi atau tubuh Cara Membuat Proposal Yang Benar

  1. Isi Proposal terdiri dari Pendahuluan yang di dalamnya berisi latar belakang, maksud dan tujuan, permasalahan yang dihadapi, kebutuhan biaya, tempat/lokasi pembangunan, panitia pelaksana kegiatan, waktu pelaksanaan, teknik pelaporan, dll.
  2. Propil Lembaga yang mengajukan proposal. Silahkan ditulis propil forum yang mengajukan anjuran dengan singkat, padat dan jelas.
  3. Rencana Anggaran Biaya (RAB). RAB ini menggambarkan detil kebutuhan material, upah kerja, dll serta asumsi kebutuhan biayanya.
  4. Penutup. 
  5. Lampiran-lampiran yang terdiri dari: fotocopy KTP pemimpin forum yang mengajukan proposal, norekening forum yang mengajukan proposal, NPWP, Surat Pertanggungjawaban Mutlak, Poto Nol Persen, Peta Lokasi, Bestek dan lain-lain yang dianggap perlu.
Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan lihat Contoh Proposal Infrastruktur Jalan. Semoga bermanpaat. Jangan lewatkan juga membaca contoh anjuran pos yandu, dll.

Share:

0 comments:

Post a Comment