Monday, March 2, 2020

Ikan Lele Selalu Hilang Ketika Panen, Berikut Alasannya

Kamu niscaya pernah mendengar ketika orang memelihara ikan lele selalu hilang saat panen  tinggal beberapa ekor saja. Atau mungkin kau malah pernah mengalami sendiri. Misal tebar bibit 2000 ekor rencana akan panen 200 kilo ikan malah cuma tinggal tersisa 200 atau 300 ekor saja. Jengkel murka kecawa niscaya lah ya. Kapok piara ikan lele lagi? Jangan donk he hee.

Banyak orang awam menerka hilangnya ikan tersebut alasannya ialah berpindah tempat. Ada juga yang menyampaikan ikan lele kau diambil makluk halus. Atau banyak kisah gaib lainnya. Tapi bekerjsama semua itu tidak benar. Sebenarnya jawabnya sederhana ikan kau hilang bukan alasannya ialah pindah kawasan atau diambil makluk halus, tetapi dimakan sesama ikan lele itu sendiri. Tidak percaya, berikut ini alasannya sesuai pengalaman pribadi menjadi petani lele selama lebih dari 5 tahun.

 Kamu niscaya pernah mendengar ketika orang memelihara  Ikan Lele Selalu Hilang Saat Panen, Berikut Alasannya


Orang awam jarang yang memahami kalau sebenar bibit lele itu selalu ada yang dapat tumbuh lebih cepat dibanding ikan lainnya. Jika kau memasukkan bibit 2000 ekor ke kolam, niscaya ada dua atau tiga ekor yang akan tumbuh dua kali lipat lebih besar dari ikan normal. Ini lah yang menjadi persoalan alasannya ialah sifat ikan lele yang kanibal maka ikan besar tersebut akan mememakan sodaranya sendiri dan akirnya ikan tersisa sedikit saja. Ada beberapa faktor penyebab beberapa ikan tumbuh lebih cepat diantaranya alasannya ialah faktor genetik, faktor adaptasi, faktor pertolongan pakan. Ada beberapa cara mengatasi persoalan ini

1. Pemberian pakan yang merata dan tidak berlebihan


Pemberian pakan merata ini ialah merata dari segi ukuran dan jumlahnya. Logisnya begini, misal bibit lele yang kau tebar ialah ukuran 3 - 4 berjumlah 2000 ekor pakan yang kau berikan tentu pakan ukuran kecil yang dapat pribadi ditelan ikan dengan jumlah cuma tiga atau empat sendok saja. Yang menjadi pada kebanyakan pembudidaya lele awam memberi makan bibit tersebut dengan tidak merata secara ukuran dan jumlah, kebanyakan yang ditemui ialah ukuran yang terlalu besar dan jumlah yang terlalu banyak.

2. Menebar bibit ikan lele yang terlalu kecil


Kebanyakan orang tidak berfikir kalau menebar bibit ikan lele terlalu kecil akan memperbesar resiko hilangnya ikan alasannya ialah dimakan sodaranya. Disarankan kalau kau masih awam namun punya niat memelihara ikan lele belilah bibit lele ukuran minimal 5-7. Ini mengurangi resiko hilangnya ikan alasannya ialah dimakan sodaranya.

3. Faktor adaptasi 


Ini ialah persoalan yang sangat jarang diketahui pemelihara ikan lele baru. bahwa bibit ikan yang ditebar itu harus melalu proses pembiasaan selama tujuhari pertama. Ada bibit ikan yang pribadi mengikuti keadaan ada yang butuh beberapa jam atau beberapa hari. Lebih jelasnya dapat dibaca artikel wacana Tehnik rahasia membuat bibit lele cepat beradaptasi.

4. Griding ( sortir )


Solusi yang terakir kalau kau sudah terlanjur menebar bibit yang terlalu kecil ialah dengan melalakukan sortir bibit. Sortir ini dapat dilakukan dua ahad sampai tiga ahad dari pertama tebar. Pastikan ketika melaksanakan sortir ikan lele dalam kondisi sehat alasannya ialah akan mengurangi resiko kematian. Untuk lebih detail cara sortir ikan lele silahkan baca Tehnik paling mudah sortir bibit ikan lele.

Itu tadi alasan dan solusi untuk persoalan ikan lele yang selalu hilang ketika panen.
Share:

0 comments:

Post a Comment