Tuesday, March 17, 2020

Contoh Rpjmdes

Contoh RPJMDES. Bahwa menurut ketentuan Pasal 36 Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 ihwal desa. Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) untuk kurun 5 (lima) tahun, dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Des) untuk kurun perencanaan 1 (satu) tahun.

Dalam upaya standardisasi maka diterbitkanlah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2007, ihwal Perencanaan Pembangunan Desa, yang ditujukan untuk menawarkan aliran bagi pemerintahan desa dalam menyusun RPJMDES dan RKP-Des.

 Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa  Contoh RPJMDES


RPJMDES ini merupakan pembagian terstruktur mengenai Visi, Misi dan Program Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara eksklusif ke dalam taktik pembangunan desa, kebijakan umum, kegiatan prioritas kepala desa dan arah kebijakan keuangan desa.

 Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa  Contoh RPJMDES


Dalam upaya mewujudkan visi dan misi Kepala Desa tersebut, maka diharapkan langkah-langkah strategis dan sistematis guna tercapainya sasaran dan tujuan yang telah menjadi komitmen dan komitmen dari semua komponen masyarakat untuk mengantisipasi kebutuhan pembangunan desa, khususnya dalam jangka waktu 5 tahun, sehingga penyusunannya harus dilakukan secara partisipatif dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat desa.

 Pemerintah Desa wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa  Contoh RPJMDES

Dengan penyusunan RPJMDES ini, diharapkan kinerja aparatur Pemerintahan Desa sanggup terukur sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan, dimana RPJMDES akan dipakai sebagai referensi dalam penyususnan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Des), APBDes, penyusunan LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) Kepala Desa, dan tolak ukur kinerja Kepala Desa. Oleh alasannya itu RPJMDES ini akan memuat arah kebijakan, kegiatan dan kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Bojonggedang, di mana program-program yang diusulkan diharapkan sanggup didanai oleh APBDes Bojonggedang dan sumber-sumber dana lainnya yang sanggup diperoleh.

Artikel terkait : Contoh Proposal Pos Yandu

Secara umum kondisi Desa Bojonggedang mempunyai potensi yang sangat strategis dalam jalur mobilisasi dan sumber alam yang cukup potensial, sehingga diharapkan upaya yang signifikan dari pemerintah maupun stakeholders lainnya untuk membangun Desa Bojonggedang menjadi lebih baik, dengan kepemimpinan Kepala Desa dan komitmen yang besar lengan berkuasa dari seluruh lapisan masyarakat.

Dokumen RPJMDES ini selain sanggup menjadi aliran penyusunan RKP-Des dan penyusunan RAB-Des juga merupakan dasar evaluasi kinerja Kepala Desa terpilih dalam melakukan pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat selama masa jabatannya, dan menjadi tolok ukur keberhasilan kepala desa dalam laporan pertanggungjawaban kepala desa yang diserahkan kepada BPD Bojonggedang.

Baca juga : Contoh Proposal Pencairan Bantuan Keuangan Dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Rencana Pembangunan Desa ini disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

Klik di bawah ini untuk selengkapnya:

Jilid RPJMDES
SK Tim 11 
Lampiran SK Tim 11
Perdes RPJMDES
Isi RPJMDES Bag 1 


Share:

0 comments:

Post a Comment