Saturday, March 21, 2020

5 Poin Penting Menentukan Peluang Perjuangan Yang Sempurna

Pada artikel selumnya sudah dijelaskan mengenai langkah langkah mengeksekusi peluang usaha. Artikel ini ialah kelajutan dan bahasan lebih detail mengenai menentukan peluang usaha. Ibarat mendirikan sebuah bangunan menentukan jenis perjuangan yang akan kita tekuni sama dengan menentukan lokasi rumah yang tepat. Jika kita salah pilih akan ada resiko jagka panjang yang akan kita terima natinya. Makara apa saja kriteria sebuah peluang perjuangan dikatakan memenuhi syarat untuk dipilih dan di sanksi menjadi sebuah usaha. 

1. Dibutuhkan banyak orang


Ini mutlak perlu kalau peluang perjuangan yang kita ambil tidak dibutuhkan banyak orang tentu kita akan sangat sulit melaksanakan pemasaran hasil perjuangan kita. Sebagai teladan akal daya burung kenari memang pada masa booming burung kenari perjuangan ini sangat menguntungkan, tetapi perjuangan ini sangat gampang ditiru dan burung kenari sendiri sangat cepat berkembang biak. Namun hasil dari ternak burung kenari ini hanya akan didengarkan suaranya saja dan tidak habis dalam waktu singkat. Misalkan saya dan enam atau sepuluh orang teman saya melaksanakan perjuangan budidaya burung kenari ini tentu tidak akan menjadi problem tetapi kalau ada enam ratus orang mengikuti langkah saya yang terjadi stok melimpah dan burung kenari akan tidak laris dipasaran. Makara perjuangan menyerupai ini tidak disarankan untuk dipilih. Lalu yang disarankan menyerupai apa?

 Pada artikel selumnya sudah dijelaskan mengenai langkah langkah mengeksekusi peluang usah 5 Poin Penting Memilih Peluang Usaha Yang Tepat

Sudah terperinci bukan dari sub cuilan ini dibutuhkan banyak orang. Ambilah teladan perjuangan budidaya ikan lele, atau ikan patin. Ini lebih masuk logika bukan sebagai kriteria peluang perjuangan yang dibutuhkan banyak orang. Usaha perjuangan yang bersifat barang konsumsi lebih menjanjikan untuk ditekuni jangka panjang. Tentu kita tidak mau bukan jadi pengusaha kutu loncat pindah dari perjuangan A ke B ke J ke Z. Terus kapan kita akan berkembang kalau menyerupai itu. Sebagai teladan saja saya mengambil peluang perjuangan akal daya ikan patin. Ada seratus orang mengikuti jejak saya sama sama berusaha membudidayakan ikan patin. Apakah pasar akan jenuh dalam waktu lama? tidak ikan patin kan dimakan setiap hari seandainya pun stok ikan patin berlimpah malah justru akan membuka peluang perjuangan lain. Misalkan ikan patin olahan, filet ikan patin dan sebagainya. Inilah yang saya maksud dibutuhkan banyak orang.

2. Bukan perjuangan musiman


Usaha musiman yang saya maksud disini ialah perjuangan yang ada kalanya booming sekali sehabis itu redum bahkan mati sama sekali. Contohnya saja beberapa waktu yang kemudian booming watu akik aneka macam pengusaha watu akik kagetan yang muncul namun akirnya watu akik bukan menjadi peluang perjuangan malah menjadi ajang bunuh diri rame rame para pengusaha baru. Apakah saya salah dengan pernyataan saya ini? Makara kalau akan menentukan peluang perjuangan mana yang akan di sanksi jangan hingga terkecoh dengan perjuangan menyerupai teladan tadi.

Akan lebih baik kalau perjuangan musiman yang kita tekuni ialah dikala ekspresi dominan padi kita menjadi pengepul padi dan mencari celah penjualan yang lebih baik dikala tidak lagi ekspresi dominan padi. Menjadi pengepul jagung dikala ekspresi dominan jagung dan menjual kembali dikala tidak musim. Mungkin ini bisa dikatakan perjuangan musiman namun berkelanjutan dan tentunya sanggup dikembangkan menjadi sebuah perjuangan besar ke depannya. Usaha tradisional yang seprti ini justru mempunyai lebih banyak nilai tambah. 

3. Menyesuaikan perjuangan dengan kemapuan modal


Ini sangat penting diperhatikan alasannya ialah kalau kita memulai sebuah perjuangan dengan modal diatas kemampuan modal yang kita miliki tentu akan menjadi beban psikologis untuk kita. Apa lagi modal perjuangan kita ialah modal pnjaman bank. Makara jangan memaksakan diri kalau kita memang gres bisa membuka perjuangan dengan modal yang kecil. Ibarat pertanian mengeksekusi peluang perjuangan sama dengan menanam dan modal ialah benihnya. Jika kita menanam banyak namun tidak bisa mengurus dengan benar yang terjadi ialah kehilangan banyak bibit dan panen yang diperlukan tidak akan ter wujud. Makara hitung dulu kemampuan kita berapa dikala akan memulai perjuangan baru. Jika sehabis menghitung ternyata secara hitungan kita belum bisa berati itu bukan sebuah peluang perjuangan yang sempurna untuk kita.

4. Memilih perjuangan yang kita sukai


Untuk yang satu ini bekerjsama tidak wajib namun saya masukkan. Dengan menyukai terlebih dahulu perjuangan yang akan kita jalankan tentu akan mengakibatkan kita mempunyai energi dan semangat lebih dikala menjalan bisnis. Namun dari pengalaman beberapa rekan yang membangun bisnis mereka, rasa cinta dan suka pada sebuah perjuangan ialah dikala perjuangan yang dijelani menghsilkan untung besar secara konsisten. 

5. Peluang perjuangan yang cocok dengan skil atau kemampuan


Jika kita mempunyai kemapuan mengelas dengan sangat andal kemudian kita mendirikan bengkel las maka kemungkin akan lebih cepat berhasil dibandingkan dengan dikala kita melaksanakan perjuangan budidaya ayam pedaging. Kenapa menyerupai itu? alasannya ialah kalau skill kita ialah andal mengelas tentu kita tidak akan terbebani lagi harus mencar ilmu mengelas dari nol jadi kita bisa fokus dengan point yang lain. Namun kalau kita tidak mempunyai skill sama sekali maka kita butuh fokus mencar ilmu dengan jenis skill perjuangan yang kita tekuni dan juga fokus pada poin lain. tentu resiko gagal akan menjadi lebih besar.

Itulah tadi lima poin penting dan wajib dilakukan dikala menentukan peluang usaha. Silahkan tinggalkan komentar kalau ada pelengkap lain, pertanyaan atau sanggahan dari artikel ini semoga kita bisa saling mengembangkan ilmu dan berdiskusi disini. 
Share:

0 comments:

Post a Comment