Thursday, February 27, 2020

Penyakit Ini Dapat Menciptakan Lele Gagal Panen

Sebagai pembudidaya ikan lele menghadapi hambatan berupa ikan sakit atau mati yaitu hal biasa. Tetapi menjadi hal yang luar biasa kalau hambatan tersebut tidak sanggup tertangani dan mengakibatkan kegagalan yang besar pada ikan lele yang dipelihara. Ada beberapa penyakit ikan lele yang terlihat sepele namun kalau terlambat ditangani dan salah cara menangani nya maka akan berakibat janjkematian masal. Hal tersebut pernah saya alami dulu waktu masih awal membudidayakan lele. Lalu penyaki apa saja yang sanggup berakibat fatal pada lele, berikut saya akan coba bahas disini

1. Penyakit cacar


Ciri dari penyakit cacar pada ikan lele yaitu kumis putus, diawal masa tanda-tanda biasanya kumis ikan akan terlihat merah menyerupai berdarah kemudian selang 24 jam kumis akan putus dan meninggalkan bekas putih. Jika sudah parah penyakit ini akan menjalar kebagian tubuh lain menyerupai tubuh dan ekor kalau ini terjadi kemungkinan ikan bertahan hanya 50 : 50 tapi kalau tidak beruntung ikan akan habis total paling tersisa satu atau dua ekor saja. Kebanyakan orang meyakini penyakit ini lantaran virus, tapi berdasarkan analisa yang saya lakukan beberapa tahun ini penyakit cacar bukan lantaran virus. Penyakit cacar muncul lantaran ikan gagal beradaptasi, kegagalan penyesuaian ikan ini disebabkan lantaran air usang daerah ikan sebelum dipindah lebih keruh dibanding air kolam gres tempatnya. Pada posisi ini ikan akan mengalami syok dan saling bertarung satu sama lain. Dari luka yang terjadi inilah gres viris menjangkiti ikan.

 Sebagai pembudidaya ikan lele menghadapi hambatan berupa ikan sakit atau mati yaitu hal b Penyakit Ini Bisa Membuat Lele Gagal Panen


Saya sendiri menemukan cara sederhana pencagahan penyakit ini. Orang awam atau pebudidaya lele gres mungkin tidak mengetahuinya. Caranya yaitu kalau kita ingin memindahkan ikan lele sehari sebelumnya isi kolam gres dengan air kolam usang sebanyak 50% dan dan tambah dengan air jernih. sesudah itu tambah air kolam usang dengan air jernih juga supaya air kolamnya lebih jernih. Penambahan air jernih dikolam usang kira kira sama dengan air yang dipindah kekolam baru. Diamkan selam minimal 12 jam gres setela itu ikan dipindah.

Selain dari kegagalan penyesuaian penyakit ini juga sanggup timbul kalau kita salah waktu memindah ikan. waktu waktu yang dihentikan memindah ikan yaitu ketika cuaca terik dan waktu hujan. lantaran hal tersebut sanggup berakibat fatal. Jika terlanjut terkena penyakit ini saya biasa melaksanakan pengobatan dengan memberi Inroflok 25 dengan cara dicampurkan ke pakan dan membersihkan ikan yang mati didasar kolam dan yang mengambang. Jika dalam waktu 7 hari ikan pulih kembali sehat berarti beruntung namun kalau sesudah 7 hari ikan masih sakit ikan tidak akan tertolong.

2. Penyakit jamur


Ciri penyakit ini yaitu biasanya tubuh ikan akan terlihat menyerupai dipenuhi bulu berwarna coklat. Jika masih gres terkena ikan akan tetap terlihat garang tapi usang kelamaan menjadi kurus dan mati. Penyebab jamur sendiri ada beberapa, pertama lantaran kolam kurang menerima sinar matahari, kedua lantaran kolam perna terinfeksi jamur dan ketika mengeringkan kurang kering ketiga tertular ikan lain yang sakit.

 Sebagai pembudidaya ikan lele menghadapi hambatan berupa ikan sakit atau mati yaitu hal b Penyakit Ini Bisa Membuat Lele Gagal Panen


Pencegahan nya cukup sederhana pertama pastikan ketika menciptakan kolam cukup menerima sinar matahari. Kedua selalu bersihakan kolam dan keringkan hingga kering maksimal sesudah panen. Ketiga selalu karantina ikan yang gres tiba jangan hingga masuk kekolam yang berisi ikan sehat kalau ikan gres belum benar benar yakin sehat.

Petani gres biasanya menganggap remeh penyakit ini tetapi bergotong-royong penyakit jamur ini sanggup mengkibatkan janjkematian masal kalau terlambat ditangani lantaran penyabarannya juga sangat cepat. Jika sudah terlanjur kena langkah yang biasa saya lakukan yaitu dengan melaksanakan pengobatan sederhana memakai PK disiram ke kolam, dan memastikan ikan menerima sinar matahari yang cukup.

3. Penyakit kembung


Ciri penyaki ini yaitu perut ikan menjelma buncit menyerupai berisi air dan terdapat bintik merah dikulit ikan. Ikan yang sudah terkena penyakit ini 90% sanggup dipastikan mati lantaran organ dalamnya rusak. Penyebab penyakit ini sangat sederhana yaitu kebanyakan sumbangan pakan. Banyak orang beranggapan penyakit ini lantaran basil tetapi berdasarkan pengalaman saya bukan.

 Sebagai pembudidaya ikan lele menghadapi hambatan berupa ikan sakit atau mati yaitu hal b Penyakit Ini Bisa Membuat Lele Gagal Panen


Menurut pengalaman saya ikan yang diberi pakan telalu banyak tidak akan menyerap dengan baik masakan tersebut. Makanan cendrung akan dimuntahkan atau di buang menjadi feses. Jika kotoran terlalu banyak mengendap maka air akan menjadi anyir bau tersbut berasal dari omoniak yang dihasilkan oleh kotoran yang mengendap. Saat jumlah amoniak melebihi toleransi yang sanggup diterima ikan maka ikan akan keracunan dengan tanda berupa kembung. Jika telat melaksanakan pengobatan ikan sanggup mati hingga 50% bahkan lebih. Seperti yang penah saya alami tahun 2011 ikan saya mati sekitar 1 ton lantaran penyakit ini.

Cara pengobatannya sangat sederhana, pertama puasakan ikan selama 24 jam sambil tambahkan air jernih dan biarkan air kotor keluar sedikir demi sedikit melalui lubang pembuangan. Lakukan setiap 12jam waktu penambahan air sanggup menyesuikan luas kolam dan debit air. Lakukan ini penambahan air ini selama 3 hari berturut turut. Setelah ikan dipuasakan selama 24 jam mulai kembali beri pakan 25% saja dari total pakan biasanya  dan berangsur ditambah hingga normal selama 7hari. Jangan lupa bersihkan ikan yang mati didasar kolam dan yang mengambang.

Itu tadi yaitu penyaki lele yang sanggup mengakibatkan janjkematian masal dan cara menanganinya. 
Share:

0 comments:

Post a Comment