Monday, February 24, 2020

Manfaat Luar Biasa Masakan Tradisonal Gatot

Pernah tahu masakan tradisional yang berjulukan gatot? Dulu masakan ini umum dikonsumsi oleh masyarakat tempat Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan dan sekitarnya ketika trend larang pangan (bahasa jawa) atau trend paceklik. Sekitaran tahun 2000an makanan yang berbahan dasar sama dengan nasi tiwul ini masih gampang dijumpai di pasar pasar tradisonal. Tetapi sayang nya kini ini gatot sudah tidak mengecewakan sulit dijumpai.

Jika berminat mencoba masakan gatot ini cara pembuatanya cukup mudah. Berikut ini materi bahan dan langkah pembuatannya.

Bahan


Gaplek Lama ( ketela kering )
Kelapa muda
Garam atau gula ( sesuai selera )
 Pernah tahu masakan tradisional yang berjulukan gatot Manfaat Luar Biasa Makanan Tradisonal Gatot Air

Alat


Paci pengukus
Ember
Parutan
Piring besar
Centong

Cara pembuatan


Siapkan materi gaplek. Untuk rasa yang khas pilih gaplek yang sudah disimpan lebih dari 6 bulan. Masukan geplek kedalam baskom lalu isi air hingga penuh, dan pastikan semua gaplek terendam. Biarkan gaplek terndam hingga 24 jam ini bertujuan merubah tekstur gaplek menjadi empuk. Setelah empuk basuh higienis gaplek lalu kukus jangan lupa gaplek dipotong potong duli kira kira 5 cm. Sambil menunggu matang parut kelapa muda siapkan juga garam atau gula pilih salah satu saja. Setelah matang angkat masukan piring besar lalu taburi garam atau gula secukupnya tambahkan parutan kelapa muda, aduk hingga rata siap dihidangkan. Lalu apa manfaat gatot ini sendiri.

Manfaat makan gatot


Kandungan seratnya yang tinggi sangat manis untuk melancarkan pencernaan. Berati masakan ini sangat manis menjadi masakan diet. Boleh dibilang kandungan kalori gatot juga rendah sama menyerupai nasi tiwul mengakibatkan masakan ini juga sangat manis untuk penderita diabetes. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada masakan gatot akan menciptakan kita lebih kekal merasa kenyang. 

berikut ialah kandungan nutrisi masakan berbahan baku singkong ini

  • Mengandung 63. 50 gram air
  • Fospor sebanyak 40 gram
  • Karbohidrat 35 gram
  • Kalsium 33 mg
  • Vitamin C 30 mg
  • Protein 1. 20 mg
  • Zat besi 0. 70 mg
  • Lemak 0. 30 mg
  • Vitamin B1 0. 01 mg
  • kalori (121 kal) lebih rendah dari nasi beras

Manfaat lain gatot ini ialah sebagai peluang usaha, Seperti layaknya tiwul intsan gotot sanggup juga dijadikan sebagai perjuangan gatot instant. Selain materi baku yang gampang didapat untuk menciptakan perjuangan gatot instant ini modalnya juga relatif kecil. 

Share:

0 comments:

Post a Comment