Friday, February 28, 2020

Ciri Ciri Bibit Ikan Lele Yang Sehat, Dan Tips Semoga Tidak Ditipu Penjual

Pernah ditipu tukang bibit ikan lele dengan bibit yang sakit? Jika iya sama dulu ketika awal awal budidaya ikan lele saya juga pernah ditipu penjual bibit lele. Penjual menjual bibit sakit sebab waktu itu belum tahu menyerupai apa ciri ciri bibit ikan lele yang sehat menyerupai apa. Kali ini saya mau mengembangkan pengalaman mengenai bibit lele, dan beberapa trik curang yang dilakukan penjual bibit lele semoga bibit lele mereka yang sakit terlihat sehat. 


1. Bibit ikan lele terlihat lincah


Dari gerakannya bibit ikan sehat selalu garang dan terlihat bergerak terus. Ikan yang tidak sehat cendrung akan membisu dan bergerombol di permukaan air dipojokan kolam. Makara kalau kau menemukan bibit yang menyerupai ini urungkan niat untuk membeli bibit lele. Ada cara menciptakan bibit ikan sakit ini kembali agresif, biasanya pedagang bibit badung akan mencampurkan sedikit garam dan lumpur keair. Saat kau menemukan air bak bibit lele berwarna coklat keruh berarti bibit tersebut diakali.

2. Kulit bibit ikan lele mulus higienis tanpa cacat


Jika kau gres dalam dunia perlelean kau tidak akan teliti dengan yang satu ini. Kadang ada bintik bintik menyerupai tetesan air pada kuli ikan, atau luka sangat kecil berwarna putih. Jika kau menemukan ikan yang terlihat ciri ciri tersebut lebih dari 20 ekor urungkan saja niat mu beli bibit tersebut terkena jamur kalau kau pindah kekolamu kemungkinan bibit tersebut sanggup hidup sangat kecil. Hampir sama menyerupai trik diatas biasanya pedagang bibit akan menciptakan air menhadi keruh semoga cacat pada bibit ini tidak terlihat.

3. Anggota badan ikan lengkap


Apakah kau pernah menemukan bibit ikan lele cacat beberapa ekor? Misal putus ekor atau kumis rontok dan luka terlihat memutih maka ikan tersebut terkena penyakit cacar. Penyakit ini tergolong ganas dan sangat sulit ditangani. Jika ingin membeli bibit ikan dan menemukan ciri ciri diatas urungkan niat membeli bibit tersebut cari saja bibit yang lain. Untuk penykit ini tidak sanggup dikelabuhi tetapi kau harus waspada sebab ikan yang terkena penyakit cacar ini bila masih masa inkubasi ikan tetap agresif.
Share:

0 comments:

Post a Comment