Sunday, February 16, 2020

Cara Paling Mudah Budiya Ciplukan

Budidaya ciplukan ketika ini sedang dilirik banyak kalangan sebab harga jual dan kasiat ciplukan yang luar biasa. Di mall dan sentra perbelanjaan harga buah ciplukan ini sendiri mencapai ratusan ribu per onsnya. Itu menjadi salah satu daya tarik untuk orang untuk membudidayakan buah ciplukan. Lalu bagaimana cara membudidayakan tanaman ciplukan ini.


Berikut ini langkah langkahnya:

1. Pemilihan bibit


Jika kita tinggal dipedesaan bibit tanaman ciplukan ini simpel ditemukan. Kita sanggup mendapatkannya dari tanaman ciplukan liar disawah. Ada dua jenis tanaman ciplukan yang umum tumbuh yang pertama ciplukan buah besar dan yang kedua ciplukan buah kecil. Jika ingin membudidayakan pilih bibit ciplukan buah besar sebab rasanya lebih yummy dan buahnya lebih banyak. Pilih buah yang sudah benar benar masak, biasanya buah yang masak akan jatuh sendiri dibawah pohonya. 

Setelah mendapat buah yang sesuai kriteria keluarkan biji bijinya kemudian basuh higienis kemudia keringkan dengan cara dijemur. Pastikan biji benar benar kering sebelum ketahap berikutnya adalah penyemaian.

2. Penyemaian bibit ciplukan


Caranya cukup mudah, gunakan media semai adalah kapas. Bisa kapas kecantikan atau kapas apapun. Sebelum menyemai pastikan kapas dicuci higienis biar bebas materi kimia. Penyemaian ini sama ibarat cara menyemai bibit tanaman kiwi. Pertama siapkan wadah nampan atau mangkok sesui berapa banyak bibit yang akan disemai. Basahi kapas dengan air tetapi jangan terlalu berair dan letakkan di nampan atau dimangkok kemudian letakkan bibit ciplukan dikapas tadi dan tutup dengan kain biar kelembabpan terjaga. Membutuhkan waktu 7 hari sampai 10 hari untuk bibit ini tumbuh. Selam proses penyemaian pantau terus dan jaga kadar air kapas biar tetap lembab. Selama menunggu bibit tumbuh kita sanggup siapkan media tanam

3. Media tanam ciplukan


Media tanam untuk tanaman ciplukan tidaklah sulit, kita sanggup memakai arang sekam kompos dan kompos dengan perbandingan satu dibanding satu. Campurkan semua materi untuk media tanam sampai rata kemudian masukan ke polibag. Setelah bibit siap dan media tanam siap pindahkan bibit ke media tanam. Selama masa penyesuaian usahakan tanaman ciplukan tidak terkena matahari langsung. Namun sesudah penyesuaian pindahkan tanaman ke daerah yang cukup sinar matahari.

4. Perawatan


Seperti biasanya perawatan tanaman ciplukan ini hanya dengan memberi penyiraman rutin saja tanpa diberi pupuk. Karena pupuk yang ada pada media tanam sudah cukup untuk satu siklus hidup tanaman ciplukan. Umur tanaman ciplukan ini pendek kurang lebih 3 sampai 4 bulan saja.

Catatan : Biasanya bibit yang kita semai sebagian akan berubah jenisnya menjadi jenis ciplukan kecil
Share:

0 comments:

Post a Comment